Perbandingan Hasil Belajar Maharoh Qiroah Antara Alumni Madrasah Aliyah Dengan Alumni Sekolah Menengah Atas pada Mahasiswa Semester V Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri Metro Tahun Akademik 2018/2019

Arsita, Hana (2019) Perbandingan Hasil Belajar Maharoh Qiroah Antara Alumni Madrasah Aliyah Dengan Alumni Sekolah Menengah Atas pada Mahasiswa Semester V Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri Metro Tahun Akademik 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HANA ARSITA NPM. 1501020007.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilihat dari nilai yang diperolehnya selama kurun waktu tertentu yang diberikan oleh guru melalui mekanisme penilaian yang telah ditetapkan. Kemampuan tersebut merupakan salah satu parameter yang dapat dilihat untuk mengetahui seberapa berhasilnya siswa dalam kegiatan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa adalah latar belakang pendidikan sebelumnya. Berdasarkan penelitian pendahuluan terdapat dua kategori latar belakang mahasiswa Pedidikan Bahasa Arab IAIN Metro. Ada yang alumni Madrasah Aliyah dan ada pula alumni Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbandingan yang signifikan hasil belajar maharoh qiroah antara mahasiswa alumni Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas Jurusan Pendidikan Bahasa Arab semester V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemahiran membaca Bahasa Arab antara alumni Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas pada mahasiswa semester V Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro T.A 2018/2019.

Sampel pada penelitian ini adalah 53 orang mahasiswa, yang berasal dari Madrasah aliyah 31 mahasiswa dan yang berasal dari Sekolah Menengah Atas22 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, interview dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif yaitu dengan menganalisis data hasil belajar ujian akhir qiroah mahasiswaPBA IAIN Metrodengan rumus chi kuadrat. Berdasarkanhasilpengolahandananalisaterhadap data yang berhasildikumpulkandalampenelitianini, makakesimpulan yang dapatpeneliti ambilbahwa“Ada perbandingan yang signifikan antarahasil belajar maharoh qiroah mahasiswa alumni Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah AtasJurusan Pendidikan Bahasa Arab semester V". Hal ini diambil berdasarkan kesimpulan statistik yang menyebutkan bahwa Chi Kuadrat hitung adalah lebih besar dariِpada harga Chi Kuadrat tabel atau 9,210 13,368 5,991 sehingga Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Oleh karena itu dapat diambil ketetapan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar maharoh qiroah antara mahasiswa alumni Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atasdan hipotesis penelitian yang berbunyi “Ada perbandingan yang signifikan antara hasil belajar maharoh qiroah mahasiswa alumni Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas Jurusan Pendidikan Bahasa Arab semester V IAIN Metro T.A 2018/2019 diterima”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:46
Last Modified: 31 Jan 2020 04:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item View Item