Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi guru aqidah akhlak dalam menangani kenakalan siswa MTs Nurul Haq Rumbia Lampung Tengah

Khoiru Sifa, Rina (2019) Strategi guru aqidah akhlak dalam menangani kenakalan siswa MTs Nurul Haq Rumbia Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 221.FTIK.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Guru Aqidah Akhlak memiliki peranan yang sangat penting sebagai upaya mewujudkan tujuan pendidikan. Sebagaimana yang penulis ketahui, siswa MTs Nurul Haq anak-anaknya sangat hiper aktif kemudian ada guru aqidah akhlak beliau mempunyai strategi bagaimana caranya agar anak MTs Nurul haq berperilaku dengan baikdan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain., Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya strategi guru aqidah akhlak di MTs Nurul Haq Bina Karya Putra Rumbia untuk menerapkan tindakan dalam menangani kenakalan siswa di MTs Nurul Haq Bina Karya Putra Rumbia Lampung Tengah.

Berdasarkan paparan latar belakang, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut : Bagaimana Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam menangani Kenakalan Siswa Kelas VII MTs Nurul Haq Bina Karya Putra Kecamatan Rumbia?”, “Apa saja faktor pendukung Guru Pendidikan Aqidah akhlak dalam menangani kenakalan siswa kelas VII MTs Nurul Haq Bina Karya Putra Kecamatan Rumbia?”, “Apa saja faktor penghambat Guru Aqidah Akhlak dalam menangani kenakalan siswa kelas VII MTs Nurul Haq Bina Karya Putra Kecamatan Rumbia?”. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Menangani Kenakalan Siswa , faktor pendukung dan penghambat Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Menangani Kenakalan Siswa tersebut.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk menjamin keabsahan data, penulis menggunakan triagulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya untuk memudahkan penganalisaan data, penulis awalnya mereduksi data, kemudian menyajikan data, dan yang terakhir adalah membuat kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisa data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa, Guru Aqidah Akhlak menerapkan strategi tindakan preventif dan tindakan hukuman saja, dan mengabaikan tindakan-tindakan yang lainnya, Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa guru Aqidah Akhlak belum secara maksimal menerapkan strategi dalam menangani kenakalan siswa, Kemudian faktor pendukung strategi guru antara lain: Faktor internal yaitu Dukungan dari pihak sekolah untuk terus memperbaiki akhlak siswa, Adanya kerjasama antar guru di sekolah. Faktor Eksternal yaitu Dukungan orangtua/Wali. Sedangkan faktor yang menghambat Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam menangani Kenakalan antara lain: Faktor internal yaitu Keamanan sekolah, Faktor eksternal yaitu Kerjasama dengan orangtua siswa, teman sebaya dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:23
Last Modified: 15 Nov 2019 07:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item