Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII SMP N 8 Metro

Permatasari, Indah (2019) Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII SMP N 8 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 080.FTIK.2019.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengajar merupakan kompetensi profesional yang cukup kompleks, sebagai integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh. Macam-macam keterampilan mengajar guru adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. Minat belajar merupakan suatu ketertarikan atau rasa lebih suka yang dimiliki seseorang (siswa) terhadap belajar untuk melakukan proses perubahan tingkah laku yang dapat diwujudkan dengan keaktifan dan partisipasi dalam kegiatan belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 8 Metro. Adapun hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP N 8 Metro.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (quesioner) dan dokumentasi. Angket peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa. Sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data guru dan keadaan sekolah. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh validitas intrumen yaitu dengan rumus pearson product moment dan untuk memperoleh reliabilitas instrumen yaitu dengan rumus alpha cronbach. Sedangkan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa yaitu menggunakan rumus Pearson Product Moment yang kemudian pengujian hipotesisnya dengan uji t.

Berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment diperoleh harga Rxy sebesar 0,54. Selanjutnya dari harga Rxy tersebut dihitung harga thitung yakni sebesar 3,5145. Kemudian harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel , sehingga diperoleh harga thitung lebih besar dari pada harga ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = n – 2 = 32 – 2 = 30 yakni 3,5145 > 2,0423. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP N 8 Metro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:43
Last Modified: 20 Nov 2019 07:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item