Wulandari, Yeni (2018) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Kalianda Lampung Selatan. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
TESIS YENI WULANDARI.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Lingkungan sekolah menjadi sebuah perangsang yang berpengaruh terhadap kesiapan dan perilaku siswa dalam pembelajaran. Lingkungan sekolah yang baik akan menimbulkan kenyamanan bagi siswa, sehingga akan berpengaruh terhadap kesiapannya dalam mengikuti pelajaran dan berperilaku yang baik dalam belajar. Motivasi kerja merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan tinggi rendahnya kinerja seorang guru. Motivasi juga berhubungan dengan faktor psikologis seseorang sebagai wujud hubungan antara sikap, kebutuhan dan kepuasan yang terjadi dalam diri manusia. profesionalisme guru dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti masa kerja, pengalaman mengajar, pelatihan dan latar belakang pendidikan. Guru yang profesional memiliki pengaruh besar dalam pendidikan sehingga mampu melahirkan keluaran pendidikan yang bermutu.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis adanya: 1) Apakah lingkungan sekolah berpengaruh terhadap profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Sekecamatan Kalianda. 2) Apakah motivasi berpengaruh terhadap profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Sekecamatan Kalianda. 3). Apakah lingkungan sekolah dan motivasi berpengaruh terhadap profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Sekecamatan Kalianda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey pendekatan asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru di Madrasah Aliyah Sekecamatan Kalianda sejumlah 26 orang guru penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang disebarkan guru di Madrasah Aliyah yang telah ditapkan semua populasi penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda. Uji F dan uji T dilakukan terhadap hasil penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05).
Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah: 1) Terdapat pengaruh variable lingkungan sekolah terhadap profesionalisme guru Se-Kecamatan Kalianda. Hal ini di tunjukan oleh nilai t-hitung (0,634) > t-tabel dengan 26 = 26 1% = 0,376 dengan tingkat signifikan. 2) Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap profesionalisme guru. Hal ini di tunjukan oleh nilai t-hitung (0,430) > t-tabel dengan N = 26 tingkat kepercayaan 1% = 0,376 dengan tingkat signifikan. 3) Terdapat pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru. Hal ini di tunjukan oleh nilai t-hitung (1,402) > t-tabel dengan N = 26 tingkat kepercayaan 5% = 0,291 , dan tingkat kepercayaan 1% = 0,376 dengan tingkat signifikan 0,000 pada t-tabel, sehingga lingkungan sekolah dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru terdapat pengaruh yang signifikan. Adapun besarnya pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru adalah 75,637%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 04:04 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 04:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2673 |
Actions (login required)
View Item |