Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa di MTs At-thoyyibah Depok Rejo kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah

Ariyanti, Lusi (2019) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa di MTs At-thoyyibah Depok Rejo kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 265.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam mengajar. Kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru di MTs At-Thoyyibah cukup baik, seperti pembuatan perencanaan pembelajaran, pengelolaan interaksi belajar mengajar, penguasaan bahan ajar dan unsur lainnya. Namun dalam pembelajaran berlangsung kemampuan yang dimiliki oleh guru belum maksimal sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor internal dan faktor eksternal.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs At-Thoyyibah Depokrejo kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs At-Thoyyibah Depokrejo kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 52 siswa yaitu dari kelas VIII A dan VIII B, untuk sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Angket tersebut ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang pengaruh kompetensi pedagogik guru. Dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar, sejarah sekolahan dan lain sebagainya.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs At-Thoyyibah Depokrejo kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang menunjukan bahwa harga Chi Kuadrat hitung sebesar 52.828 lebih besar dari pada Chi Kuadrat tabel dengan signifikan 1 % maupun 5%. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternative (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Nov 2019 13:43
Last Modified: 29 Nov 2019 13:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item