Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Cerita Islami Sebagai Media Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Desa Srisawahan Kecamatan Punggur Lampung Tengah

Azizah, Rafika Nur (2019) Cerita Islami Sebagai Media Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Desa Srisawahan Kecamatan Punggur Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RAFIKA NUR AZIZAH NPM. 14115191.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak adalah proses mendidik dan menuntun akhlak peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu. Pendidikan akhlak harus ditekankan kepada peserta didik sedini mungkin untuk diterapkan dalam kehidupan. Memberikan pendidikan akhlak pada anak usia dini akan membentuk anak tumbuh menjadi pribadi yang berakhlakul karimah karena apa yang disampaikan atau dipelajarinya sejak usia dini akan selalu membekas dalam dirinya hingga tumbuh dewasa. Cara mendidik akhlak pada anak usia dini yaitu dengan menggunakan media yang menarik perhatiannya seperti menggunakan media cerita islami bergambar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan cerita islami sebagai media pendidikan akhlak anak usia dini, aspek cerita islami sebagai media pendidikan akhlak dan kendala dalam menumbuhkan akhlak anak melalui cerita islami pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Srisawahan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Tempat penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Srisawahan yang berada di kawasan Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakanteknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan.

Dari hasil penelitian, guru telah menerapkan cerita islami sebagai mediadalam mendidik akhlak anak usia dini. Cerita islami yang digunakan adalah yang bergambar. Mendidik akhlak anak menggunakan cerita islami ini lebih efektif karena anak usia dini memiliki rasa ketakjuban dalam dirinya. Dari cerita yang disampaikan anak akanmemiliki rasa kekaguman pada sifat dan figur tokoh yang disampaikan dalam cerita. Dengan adanya rasa kagum itu cerita yang disampaikan dapat berperan dalam proses pembentukan akhlak seorang anak. Aspek cerita islami yang digunakan meliputi aspek ruhaniyahyang mengandung keteladanan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, meliputi kejujuran, kedisiplinan, kesabaran dan ketaatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:49
Last Modified: 03 Mar 2020 02:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item