Putri, Dita Primanda (2016) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 05 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 24.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas V SDN 05 Metro Pusat,hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran IPS yaitu masih banyak siswayang cenderung tidak memperhatikan karena bermain dan megobrol dengantemannya, masih banyak siswa yang diam saja ketika guru memberikanpertanyaan, masih banyak siswa yang sulit memahami materi IPS, kurang adanyainteraksi dengan kelompok, dan hasil belajar siswa kurang memuaskan.
Dalam hal ini rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakahpenggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan minatbelajar siswa pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan semestergenap mata pelajaran IPS kelas V SDN 05 Metro Pusat Tahun Pelajaran2015/2016? Apakah penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada materi perjuangan mempertahankankemerdekaan semester genap mata pelajaran IPS kelas V SDN 05 Metro PusatTahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkanminat belajar siswa setelah penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsawpada materi perjuangan kemerdekaan semester genap mata pelajaran IPS kelas VSDN 05 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk meningkatkan hasilbelajar siswa setelah penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw padamateri perjuangan kemerdekaan semester genap mata pelajaran IPS kelas V SDN05 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus setiap 1 siklus dilakukan 2 pertemuan.Alat pengumpul data yang digunakan yaitu RPP, lembar observasi, lembar soaltes/evaluasi, lembar kuesioner/angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat diketahui bahwa minatbelajar siswa pada siklus I 73,82%, kemudian mengalami peningkatan sebesar14,75% karena pada siklus II meningkat mencapai 88,57% maka dikategorikansangat kuat. Sedangkan, hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 26,67%dengan presentasenya 63,33% di siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklusII maka dikategorikan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapatdisimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapatmeningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN05 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 09:39 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 09:39 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3014 |
Actions (login required)
View Item |