Umarudin, . (2020) Pembentukan Nilai Karakter Kejujuran Siswa Melalui Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan dan Akidah-Akhlak (Studi di MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono Way Bungur Lampung Timur). Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
TESIS UMARUDIN NPM. 1706861.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kejujuran merupakan karakter yang sangat mendasar untuk membentuk karakter-karakter yang lain, pembentukan sikap jujur harus dilakukan disetiap sekolah atau Madrasah. Karena kejujuran merupakan pendidikan karakter yang dapat menjadi suatu kebiasaan yang berpengaruh dalam prestasi belajar. Mata pelajaran Kemuhammadiyahan dan Akidah Akhlakmerupakan mata pelajaran yang hanya ada di institusi pendidikan berbasisMadrasah pada organisasi Muhammadiyah. Dan Akidah Akhlak adalah mata pelajaran yang ada di pendidikan Madrasah, MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono termasuk sekolah dalam lingkup Muhammadiyah, yang menyelanggarakan pendidikan berbasis Karakter, terutama memasukan nilai karater tersebut melalui pembelajaran-pembelajaran di kelas, yang salah satunya melaluimata pelajaran AkidahAkhlak, dan Kemuhammadiyahan yang memang secara khusus kedua mata pelajaran ini berfokus pada penanaman nilaikarakter Islami.Adapun kondisi karakter siswa berbeda-beda ada beberapa siswa yang sudah terbentuk karakter Islami karena memang berasal dari keluarga Islami, ada pula yang karkternya terbentuk seperti karakter Hindu karena keluarga Islam yang tinggal lingkungannya Hindu.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan (field research),sifatnya deskriptif. Sumber data (informan) meliputi, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Kemuhammadiyahan, Guru Akidah Akhlak, dan Dua orang Siswa. Teknik pengumpulandata yang digunakan: Wawancara, metode observasidan dokumentasi. Tehnik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumberdan tehnik, serta dianalisisdatanya dengan analisis deskriptif kualitatif.
Hasilnya (a) Penanaman nilai karakter kejujuran di MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono, yaitu, jujur di dalam perkataan, jujur di dalam perbuatan, jujur di dalam fikiran. (b) Penanaman nilai karakter kejujuran, dilakukan beberapa pendekatan yang dapat digunakan dalam pembentukan karakter jujur, melalui kegiatan keteladanan, kegiatan spontan, kegiatan rutin dan pengkondisian. (c) Kegiatan yang berperan maksimal dalam pembentukan karakter kejujuran siswa adalah melalui guru Kemuhammadiyahan dan integrasi kurikulum. Melalui profil guru Akidah Akhlak, sedangkan yang sudah berperan tapi belum maksimal adalah melalui kegiatan pembiasaan dan integrasikurikulum melalui siswa, kegiatan pengajian rutin harian, sekolah kader dan gerakan iqro' untuk yang belum berperan secara maksimal adalah melalui siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak.Untuk mensikapi perilaku tidak jujur dikalangan siswa guru Kemuhammadiyahan dan Akidah Akhlak bekerjasama dengan guru BKserta orang tua wali dan melakukan tindakan-tindakan sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah disepakati oleh pihak sekolah dan orang tua wali.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 02:48 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 02:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3164 |
Actions (login required)
View Item |