Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 3 Tempuran Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Astuti, Hikmah Yuni (2018) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 3 Tempuran Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HIKMAH YUNI ASTUTI 13105225.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SD bukan hanya menuntut siswa pada kekuatan ingatan dan hafalan saja namun hendaknya ditekankan pada keterkaitan antara konsep-konsep yang dipelajari siswa dengan pengalaman dan kenyataan siswa dalam kehidupan sehari-hari sehingga memberikan peluang kepada siswa untuk memahami dan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam ranah kognitif pada siswa kelas V SDN 3 Tempuran Lampung Tengah tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan metode bermain peran (role playing).

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 3 Tempuran Lampung Tengah pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan pembelajaran guru dan aktivitas belajar siswa menggunakan metode pembelajaran bermain peran (role playing). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa setelah metode pembelajaran bermain peran (role playing) diterapkan, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59% dan siklus II sebesar 79%, mengalami peningkatan sebesar 20%. Peningkatan aktivitas juga berpengaruh pada hasil belajar siswa khususnya dalam ranah kognitif, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71 % dan siklus II sebesar 82%, mengalami peningkatan sebesar 11%. Dari analisis data tersebut dapat dipahami bahwa metode pembelajaran bermain peran (role playing) yang diterapkan pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 3 Tempuran Lampung tengah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 May 2020 13:25
Last Modified: 07 May 2020 13:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item