Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Purwo Adi Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012

Lukmawan, Asep (2012) Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Purwo Adi Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
ASEP LUKMAWAN 0843565 (IAIN Metro).pdf - Other

Download (884kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas IV SD Negeri 1 Purwo Adi adalah siswa kurang tertarik dengan pembelajaran, suasana kelas yang kurang kondusif, sedikitnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, siswa kurang fokus dalam pembelajaran, dapat dilihat dari sikap siswa yang masih bermain-main pada saat guru menerangkan materi. Timbulnya rasa malas dikalangan siswa, diantaranya malas bertanya, dan malas mengerjakan tugas yang diberikan. Semua masalah tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yakni sebanyak 52% siswa tidak tuntas KKM, dengan KKM ≥60.

Rumusan masalah dari penelitian ini yakni “apakah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwo Adi Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah TP. 2011/2012?” dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil beajar IPA kelas IV SD Negeri 1 Purwo Adi TP 2011/2012 serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan metode eksperimen.

Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes (pretest dan posttes) untuk menilai hasil belajar siswa, observasi untuk melihat kegiatan siswa dan guru melalui lembar observasi, kuesioner/angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan metode eksperimen, dan dokumentasi. Dari analisis data diketahui bahwa ketuntasan siswa pada siklus I dan siklus II memiliki persentase yang sama yakni 67%, namun menurut perhitungan NGain siklus I (0,28/rendah) lebih kecil jika dibandingkan dengan N-Gain siklus II (0,61/sedang).

Kesimpulan dari penelitian ini yakni bahwa: (1) penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV SD Negeri 1 Purwo Adi Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2011/2012. (2) Berdasarkan tanggapan siswa terbukti bahwa metode eksperimen dapat membantu siswa cepat memahami materi, meningkatkan fokus, motivasi (kesenangan dan minat), memperkuat nilai kerja sama sesama siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 May 2020 03:47
Last Modified: 28 May 2020 03:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item View Item