Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Tabungan Wadiah di BMT Fajar Kcp Semuli Jaya

Agustian, Bayu Nugroho (2018) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Wadiah di BMT Fajar Kcp Semuli Jaya. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
BAYU NUGROHO AGUSTIAN NPM. 13109198.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, dan mempromosikan barang atau produk agar perusahaan dapat berhasil dalam memasarkan produknya, maka diperlukan suatu strategi pemasaran yangterarah. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai strategi pemasaran produk tabungan wadiah yang diterapkan di BMT Fajar Semulijaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasran yang dilakukan BMT Fajar Semulijaya khususnya pada produk tabungan wadiah.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci, dan mendalam terhadap suatu objek tertentu dengan mempelajarinya sebagai kasus. Sumber data dari penelitian adalah subjek dari data dimana data dapat diperoleh. Sedangkan sumber utama

dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata, dan tindakan, selebihnya adalah data tamabahan seperti dokumentasi dan lain-lain. Sumber Data primer adalah sumber pertama di mana sebuah data dihasilkan. Sumber Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber kedua atau sumber sekunder setelah sumber data primer. Hal yang harus dilakukan seorang peneliti dalam sebuah penelitian adalah pengumpulandata. Pengumpulan data ini dimaksudkan untuk memudahkan data secara objektif, ada beberapa teknik pengumpulan yang dilakukan penulis diantaranya: Wawancara adalah bentuk komunikasi langsung antara penelitian denga responden. Dokumentasi adalah merupakan rekaman kejadian masa lalu yang ditulis atau dicetak mereka dapat berupa catatan, surat, buku harian, dan dokumen-dokumen.Metode yang analisis yang data yang diterapkan adalah metode berfikir induktif.

Dalam penelitian ini, dapat disimpulkanbahwa, strategi pemasaran yang digunakan oleh BMT Fajar Kcp Semulijaya khususnya produk tabungan wadi’ah ialah melakukan riset pemasaran, mengidentifikasi kekuatan internal dan eksternal BMT Fajar Kcp Semulijaya, melakukan segmen pasar dan target pasar yang dituju. selanjutnya menggunakan analisis SWOT, dan melakukan bauran pemasaran yakni bauran produk, harga, saluran distribusi, dan promosi, ditambah Public Relationdan BMT Fajar Mobile. Setelah melakukan strategi pemasaran tersebut, terbukti bahwa Produk Simpanan Wadi’ah pada tahun 2016 mengalami peningkatan jumlah anggota yang cukup signifikan yaitu sebesar 15,7% atau bertambah 133 anggota dari tahun 2015 yang berjumlah 845 anggota menjadi 978 anggota pada tahun 2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jun 2020 09:07
Last Modified: 10 Jun 2020 09:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3334

Actions (login required)

View Item View Item