Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Ahmad Dahlan Sukadamai Tahun Pelajaran 2019/2020

Yulianto, Haris (2020) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Ahmad Dahlan Sukadamai Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HARIS YULIANTO.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pengelolan pembelajaran peserta didik atau sekarang disebut kompetensi pedagogik harus dimiliki oleh semua guru, atau calon guru dalam melaksanakan tugasnya agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif dan ifisien serta mencapaihasil yang diharapkan. Agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, serta mencapai hasil yang diinginkan diperlukan kegatan manajemen sistem pembelajaran, sebagai keseluruhan proses untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif dan efisien pula. Dengan demikian, maka siswa akan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dengan sungguh-sungguh sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien serta dapat menghasilkan prestasi belajar yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Penelitian Pendidikan dalam skripsi ini bertujuan untuk memperoleh informasi objektif mengenai kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Ahmad Dahlan Sukadamai Kabupaten Lampung Selatan.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) Angket (2) Dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Kemudian, hasil angket tentang kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, data dianalisis dengan menggunakan rumus keberpengaruhan, koefisien Korelasi Product Moment dan regresi linier sederhana. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan tingkat korelasi kedua variabel tersebut.
Hipotesis pada penelitian ini diterima yaitu adanya pengaruh kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar siswa di SMK Ahmad Dahlan Sukadamai tahun pelajaran 2019/2020 dengan besar hasil nilai signifikansilebih kecil dari pada 0,005 dengan taraf signifikan 5%, yaitu nilai signifikansi sebesar 0,001. Artinya antra kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa di SMK Ahmad Dahlan Sukadamai tahun pelajaran 2019/2020memiliki tingkat kolerasi yang sedang, berarti bahwa jika kompetensi pedagogik guru PAI baik maka motivasi belajar siswa SMK Ahmad Dahlan Sukadamai akan baik dan jika kompetensi pedagogik guru PAI rendah maka motivasi belajar siswa SMK Ahmad Dahlan Sukadamai juga akan rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 25 Jun 2020 08:18
Last Modified: 25 Jun 2020 08:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3419

Actions (login required)

View Item View Item