Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-faktor Resign karyawan marketing terhadap kinerja Bank Syariah(Studi kasus pada BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo)

Fergian, Aan (2020) Faktor-faktor Resign karyawan marketing terhadap kinerja Bank Syariah(Studi kasus pada BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Aan Fergian_141256710_S1PBS.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bank syariah juga menggunakan sumber daya manusia dalam menjalankan aktivitas perbankan. Sumber daya tersebut akan mengisi bagian seperti teller, costumer service, bagian marketingdan lainnya yang mempunyai fungsi masing-masing. Dalam menjalankan bisnisnya, bank syariah tentu mengalami berbagai macam persoalan dan risiko yang timbul akibat dari aktivitas perbankan yang dilakukan. Risiko-risiko inilah yang harus diatasi dengan cepat dan tepat oleh bank syariah karena akan berdampak secara langsung terhadap kondisi eksisnyabank syariah itu sendiri. Salah satu risiko yang berpengaruh adalah resignkaryawan marketingdi dalam bank syariah.Resignatau pengunduran diri adalah berakhirnya hubungan kerja yang berdampak pada berakhirnyahak dan kewajiban antara karyawan dan pengusaha dikarenakan berbagai sebab.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi resignkaryawan marketingterhadap kinerja Bank Syariah. Adapun manfaat dari penelitian ini memberikan pengetahuan bank syariah dalam menganalisis pengaruh resign karyawan marketingyang berakibat pada kinerja bank syariah guna mendapat profit yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), sifat penelitian deskriptifkualitatif. Dengan menggunakan beberapa metode yaitu wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai faktor-faktor resignkaryawan marketingyang ada di BPRS Metro Madani, peneliti menemukan beberapa faktor penyebab yaitu Tidak Merasa Berkembang, Munculnya konflik, Bosan dan Jenuh, Lingkungan Kerja, Wirausaha dan Adanya Target Marketing. Dikarenakan karyawan marketing merupakan ujung tombak didalam bank syariah. Secara langsung juga memiliki dampak dalam penurunan kinerja di dalam bank syariah. Karyawan marketing mempunyai peran dalam kinerja bank syariah. Karena lalu lintas penghimpunan dana (funding) dan penyaluran dana (lending) merupakan tugas utama seorang karyawan marketing bank syariah. Proses funding dan lending yang tidak optimal akan menyebabkan kinerja bank syariah mengalami penurunan. Hal ini diakibatkan adanya sumber daya manusia yang terbatas menjadikan karyawan marketingyang lainnya memiliki beban double yaitu harus mengurusi nasabah pembiayaan sendiri serta mengcover nasabahpembiayaan yang ditinggalkan oleh marketingyang melakukan resign.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:06
Last Modified: 28 Jul 2020 01:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item View Item