Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Jasa Sewa Alat Pesta Dan Tenda Pada Waluyo Grup (Studi Kasus Waluyo Grup 28 Purwosari Metro Utara)

Kholiq, Erwin Nur (2020) Strategi Pemasaran Jasa Sewa Alat Pesta Dan Tenda Pada Waluyo Grup (Studi Kasus Waluyo Grup 28 Purwosari Metro Utara). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi erwin nur kholiq.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran jasa adalah rencana keseluruhan suatu perusahaan jasa agar konsumen potensial dapat menikmati produk yang diberikan. Strategi pemasaran jasa yang di terapkan oleh usaha jasa sewa alat pesta dan tenda Waluyo Grup dengan bauran pemasaran. Bauran pemasaran (marketing mix) terdiri dari empat elemen yaitu, produk, harga, promosi, tempat. Sementara itu menurut Hurriyati untuk pemasaran jasa perlu bauran pemasaran yang diperluas dengan penambahan tiga unsur, yaitu orang, fasilitas, dan proses sehingga menjadi 7P.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran dengan menggunakan konsep marketing mix (bauran pemasaran) untuk meningkatkan jumlah konsumen pada Waluyo Grup menurut presfektif ekonomi Islam. Metodelogi penelitiian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research), dengan sifat penelitiannya deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti peroleh dari pihak pemilik usaha jasa sewa alat pesta dan tenda, karyawan, dan pihak konsumen dari Waluyo Grup. Metode pengumpulan data, peneliti gunakan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian mengunakan analisis data kualitatif dengan mengunakan cara berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang di gunkan oleh usaha jasa sewa alat pesta dan tenda Waluyo Grup secara garis besar sudah melaksanakan bauran pemasaran. Seperti halnya dalam bauran pemasaran produk, produk yang disewakan oleh Waluyo Grup seperti Kursi, tenda desel, dan peralatan pesta yang lainnya. Sedangkan untuk penetapan harga, Waluyo Grup mengunakan penetapah harga dari paguyuban yang mana tidak melebihkan atau mengurangi dari kesepakatan harga yang telah ditentukan. Lokasi untuk tempat usaha sangat lah strategis sehingga konsumen dapat menjangkaunya, serta dalam distribusi alat pesata dan tenda tidak terlampau jauh. Waluyo grup mempromosikan usahanya melalui mulut ke mulut serta berkerjasama dengan wedding organiser dan belum menggunakan media sosial untuk mempromosikan usaha jasa sewa alat pesta dan tenda. Bauran pemasaran people (orang) yaitu dengan merekrut orang-orang yang profesional, sedangkan untuk physical evidence (bukti fisik) jasa pesta ini memiliki tempat penyimpanan yanng cukup besar sehingga mampu untuk menyimpan nalat-alat pesta dan tenda.

Kata kunci : Strategi Pemasaran Jasa, Bauran Pemasaran,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:34
Last Modified: 02 Sep 2020 03:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3763

Actions (login required)

View Item View Item