Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kontribusi Pengembangan Program dan Promosi Terhadap Peningkatan Minat Kursus di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Farafi Metro

Aminah, Siti Nur (2020) Kontribusi Pengembangan Program dan Promosi Terhadap Peningkatan Minat Kursus di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Farafi Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi siti nur aminah, 1602040152.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan program kursus dan promosi yang dilakukan oleh suatu lembaga harus di jalankan dengan baik agar dapat berpengaruh terhadap peningkatan minat dari para pesera didik yang akan mendaftar, hal ini dilakukan karena semakin banyaknya pesaing yang melakukan pengambangan program dan promosi yang baik. Peminat kursus di lembaga kursus dan pelatihan farafi tiap tahun mengalami peningkatan, namun belum bisa di pastikan peningkatan minat ini berasal dari pengembangan produk atau promosi yang dilakukan. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pengembangan program kursus dan promosi terhadap peningkatan minat kursus di Lembaga Kursus dan Pelatihan Farafi jalan Kunang No.80 Kauman kota Metro.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer, dan sekunder berupa dokumen –dokumen yang ada di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pimpinan, instruktur, marketer dan peserta didik di Lembaga kursus dan pelatihan Farafi serta dokumentasi digunakan sebagai pelengkap guna memperoleh data sebagai bahan informasi yang berupa data-data program yang ada di farafi, dan jumlah data peserta didik.

Seluruh produk yang ada di lembaga kursus dan pelatihan farafi mengalami peningkatan jumlah peminat. Terutama pada program design grafis dan administrasi perkantoran memiliki jumlah peminat yang paling tinggi. Strategi promosi yang dilakukan dalam memasarkan produk yang ada di lembaga kursus dan pelatihan farafi adalah periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, publisitas, promosi langsung dan promosi dari mulut ke mulut. Selain itu pengembangan produk yang dilakukan oleh farafi dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan dari para konsumen. Berdasarkan dari analisis diatas peneliti dapat menyimpulkan bahwa peserta didik yang belajar difarafi kebanyakan tertarik karena promosi yang dilakukan oleh lembaga kursus dan pelatihan farafi, selain itu kontribusi promosi dari mulut kemulut juga memberikan andil dalam menarik peserta didik untuk belajar di farafi. selain dari promosi, pengembangan produk juga memberikan pengaruh kepada peserta didik baru untuk melakukan kursus di farafi.Kata kunci: kontribusi, pengembangan program kursus, promosi, minat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:09
Last Modified: 11 Sep 2020 02:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3865

Actions (login required)

View Item View Item