Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Hikmah Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah

Anam, Choirul (2021) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Hikmah Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI CHOIRUL ANAM - Anugrah Fotocopy.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran akidah akhlak bertujuan untuk menambah kemajuan rohaniah, tentulah orang-orang yang mempunyai pengetahuan dalam ilmu akidah akhlak lebih utama dari pada orang-orang yang tidak mengetahuinya. Selain itu akhlak juga sebagai penuntun kearah kebaikan dan kebutuhan primer didalam keluarga, serta membentuk kerukunan antar tetangga. Pembelajaran akidah akhlak tidak hanya bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran yang hanya untuk dihafal saja, tetapi lebih menekankan bagaimana mengajak dan mendorong siswa untuk berfikir dan bersikap, sehingga siswa dapat mengembangkan kecakapan hidup, kemandirian dan siap untuk menyelesaikan masalah-maslah yang akan dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MTs Al Hikmah Rejo Basuki yang berjumlah 16 siswa yang dirancang dalam dua siklus. Dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan mengalami peningkatan setiap siklusnya.

Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas IX MTs Al-Hikmah Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Mengingat target pencapaian hasil belajarnya sebesar 80 % dan ternyata ketuntasan hasil belajar pada siklus II mencapai 87,50 %. Maka penelitian ini berhasil meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Aug 2021 06:44
Last Modified: 23 Aug 2021 06:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item