Pengaruh Keterampilan Berbicara dan Lingkungan Berbahasa Terhadap Kemampuan Berpidato Bahasa Arab di Asrama MAN 1 Metro Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 M

Apipudin, . (2020) Pengaruh Keterampilan Berbicara dan Lingkungan Berbahasa Terhadap Kemampuan Berpidato Bahasa Arab di Asrama MAN 1 Metro Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 M. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS APIPUDIN.. - Afifudin As-Shodry.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Meningkatkan kemampuan berpidato bahasa Arab siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu tugas guru di Asrama MAN 1 Metro. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka guru harus mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang dapat menambah pola fikir serta pemahaman pembelajaran kepada siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara dan lingkungan berbahasa dalam meningkatkan kemampuan berpidato bahasa arab siswa Asrama MAN 1 Metro Lampung tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas XI Asrama MAN 1 Metro, dengan mengambil sampel kelas XI IPA 6 jumlah 32 siswa, 20 siswi dan 12 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini yaitu menggunakan dokumentasi, tes, dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar yang diperoleh siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) > 75 minimal 80 % di akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 10,28 %. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Keterampilan Berbicara Dan Lingkungan Berbahasa dapat meningkatkan Kemampuan Berpidato Bahasa Arab pada kelas XI Asrama MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2019/ 2020 M.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:59
Last Modified: 27 May 2021 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4427

Actions (login required)

View Item View Item