Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Respons Masyarakat Sekitar Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus PT Sinar Bambu Kencana, Kec. Gunung Sugih, Kab. Lampung Tengah)

Apriani, Riska (2019) Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Respons Masyarakat Sekitar Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus PT Sinar Bambu Kencana, Kec. Gunung Sugih, Kab. Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RISKA APRIANI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengkajian tentang Corporate Social Responsibility(CSR) saat ini menjadi bagian yang paling hangat dibicarakan diberbagai tempat, baik di forum formal maupun informal. PBB dengan Global Compact-nya terlibat aktif membahas dan mendukung Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai upaya turut menciptakan kemaslahatan masyarakat dunia.
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomis, sosial, dan lingkungan.

Seiring dengan perkembangan waktu, perusahaan dituntut untuk melakukan CSR atau yang disebut dengan pertanggungjawaban secara sosial. Hal ini terjadi karena selain terdapat ketimpangan ekonomi antara pelaku usaha dan masyarakat di sekitarnya, kegiatan usaha sering memberi dampak negatif bagi lingkungan. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya konsep CSR yang paling primitif.

Pelaksanaan program tangung jawab sosial akan memberikan dampak positif. Dampak positif dari program Corporate Social Responsibility tidak hanya bagi operasional perusahaan akan tetapi juga terhadap kelangsungan eksistensi perusahaan untuk waktu yang panjang.

Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisis data yang digunakan analisis kualitatif dengan cara berfikir induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan teknik wawancara bebas terpimpin dan metode dokumentasi. Manfaat penelitian ini adalahPenerapan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sinar Bambu Kencana sebagai upaya turut berkontribusi terhadap masyarakat sekitar.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Corporate Social Responsibility dan respons masyarakat sekitar PT Sinar Bambu Kencana terhadapprogram santunan yatim piatu, batuan pembanguan masjid, dan kegiatan sosial (bantuan pengajian) ketiga komponen ini sesuai dengan prinsip etika bisnis yaitu prinsip keesaan, prinsip keadilan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggungjawab dan prinsip kejujuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:59
Last Modified: 02 Jan 2020 07:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item