Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pelaksanaan Peran Supervisor Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 2 Banjit Way Kanan

Astuti, Oktaviana (2021) Pelaksanaan Peran Supervisor Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 2 Banjit Way Kanan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI OKTAVIANA ASTUTI -14115141- PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pelaksanaan Peran Supervisor kepala Sekolah dalam membina profesionalisme guru di SMA Negeri 2 Banjit Waykanan Rumusan masalah penelitian ini adalah "bagaimana Pelaksanaan Peran Supervisor kepala Sekolah dalam membina profesionalisme guru di SMA Negeri 2 Banjit Waykanan?" dan "Apa faktor pendukung dan penghambat Kepala Sekolah dalam Membina Profesionalisme Guru PAI di SMA Negeri 2 Banjit Waykanan?"

Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara sebagai metode pokok, observasi dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu Kepala Sekolah sumber data sekunder yaitu guru PAI SMA Negeri 2 Banjit. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan teknik. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah Reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian diperoleh bahwa Pelaksanaan Peran Supervisor kepala Sekolah dalam membina profesionalisme guru di SMA Negeri 2 Banjit Waykanan yaitu kepala sekolah selalu memberikan motivasi, memberikan keteladanan, memberi bimbingan, nasihat, menjadi fasilitator, membiasakan Guru PAI untuk selalu melaksanakan tugas pengajaran dengan baik dan sesuai , membiasakan guru PAI untuk menguasai metode pembelajaran dan membiasakan guru untuk disiplin.

Adapun faktor pendukung dan penghambat dari peran Supervisor Kepala Sekolah dalam Membina dan Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI yaitu faktor pendukung terdiri dari adanya kerjasama yang baik antara guru PAI dan kepala sekolah kesadaran dari para Guru PAI tentang penting nya profesionalitas dan etos kerja . Faktor Penghambatnya yaitu faktor sarana banyak nya Hal yang harus diperhatikan dan dikerjakan oleh kepala sekolah sehingga kegiatan supervisi sering kali tertunda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:52
Last Modified: 08 Oct 2021 06:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item View Item