Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Minat Siswa SMP

Safaatin, Amalia (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Minat Siswa SMP. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Amalia Safaatin -1701040106 - TMTK.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Banyak siswa belum mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan baik. Diantara penyebabnya adalah minat belajar masih rendah, guru menggunakan metode yang salah dalam menjelaskan, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik, suasana kelas yang tidak mendukung, dan lain sebagainya. Berdasarkan wawancara di SMP Negeri 5 Metro, guru matematika masih menggunakan metode ceramah, sehingga dalam pembelajaran siswa cenderung pasif dan kurang berminat dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan kemampuan representasi matematis siswa kurang berkembang. Selain hal tersebut pembelajaran di SMP Negeri 5 Metro belum menggunakan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, guru disana masih menggunakan media sederhana seperti memanfaatkan benda-benda yang ada diruang kelas untuk menjelaskan permasalahan matematis, bahkan fasilitas komputer disana cukup memadai. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan sejalan dengan perkembangan teknologi yang mampu memfasilitasi siswa dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis Adobe Flash CS6 yang valid, praktis dan efektif pada materi pola bilangan untuk siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Uji coba pada penelitian ini dilakukan pada 10 siswa kelas VIII.1 di SMP Negeri 5 Metro. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon, lembar angket minat, dan lembar soal tes.

Hasil penelitian ini yaitu: (1) Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 masuk dalam kategori “sangat valid” dengan nilai rata-rata 4,66, (2) Media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 dinilai praktis dikarenakan mendapat respon positif dari pengisian angket respon siswa pada aspek penggunaan media dengan rata-rata nilai 3,88 yang masuk dalam kategori “praktis”, (3) Media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis, hal ini dilihat dari persentase ketuntasan siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif yaitu 90%, (4) Media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 dinilai efektif untuk meningkatkan minat belajar, hal ini dilihat dari rata-rata skor angket minat yaitu 3,98 yang masuk dalam kategori “baik”.

Jadi, media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dalam pembelajaran materi pola bilangan untuk meningkatkan kemampuan representasi dan minat siswa.

Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash CS6, Model Pengembangan ADDIE, Pola Bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:54
Last Modified: 08 Oct 2021 06:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4717

Actions (login required)

View Item View Item