Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jabung

Islami, Nurul (2021) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jabung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Nurul Islami - 1701040123 - TMTK.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai kemampuan komunikasi matematika siswa. Rendahnya nilai kemampuan komunikasi matematika siswa akibat dari kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika serta metode yang digunakan guru dalam mengajar di kelas masih konvensional, terlebih lagi setelah pandemi corona meluas dan dilakukan pembelajaran daring guru hanya menggunakan metode pemberian tugas dan materi secara online melalui aplikasi whatsapp maupun google formulir yang mengharuskan siswa untuk belajar sendiri.

Dari masalah tersebut peneliti akan menerapkan metode pendekatan matematika realistik dimana metode pendekatan matematika realistik merupakan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran matematika yang mampu melatih kemampuan komunikasi matematika siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Ekperimen dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Jabung. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan adalah 32 siswa kelas eksperimen yang menerapkan metode pendekatan pembelajaran matematika realistik dan 31 siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran dengan metode pemberian tugas dan materi secara online. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji t independent sample t test dan uji N-gain.

Berdasarkan hasil uji N-Gain dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jabung yang diajarkan menggunakan pendekatan matematika realistik memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan metode pemberian tugas dan materi secara daring.

Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Komunikasi Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Sep 2021 08:47
Last Modified: 15 Sep 2021 08:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4718

Actions (login required)

View Item View Item