Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Newman

Rahmawati, Ririn (2021) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Newman. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RIRIN RAHMAWATI (1701040126) - TMTK.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah bagi siwa guna melatih siswa dalam menyelesaikan persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Namun peran penting pemecahan masalah bagi siswa tidak sebanding dengan fakta yang ada, yang ditunjukan dari hasil PISA pada tahun 2018, dimana Indonesia menduduki peringkat ke 74 dari 79 negara partisipan dengan skor rata-rata yang diperoleh sebesar 378. Angka tersebut menunjukan bahwa kemampuan pemecahan matematis siswa yang meliputi kemampuan pemecahan masalah termasuk dalam kategori sangat rendah dengna kategori rendah PISA adalah 400. Untuk itu diperlukan sebuah cara guna mengetahui penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia, salah satunya yaitu dengan menganalisis kesalahannya. Teori Newman adalah teori diagnosis sederhana yang dapat digunakan untuk menganalisis kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dalam bentuk uraian . Jenis penelitian yang digunakan ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 34 siswa yan diberkan tes, kemudian dipilih 6 siswa yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan pertimbangan hasil tes siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan Teori Newman untuk dilakukan wawancara secara mendalam. Pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah pada penulisan jawaban akhir, yang disebabkan karena siswa tidak memahami perintah yang ada di soal dengan baik, salah dalam penyelesaian tahap sebelumnya sehingga berdampak pada tahap berikutnya dan tidak terbiasa dalam menuliskan kesimpulan akhir. Kesalahan kedua yang paling banyak dilakukan yaitu kesalahan transformasi yang disebabkan karena siswa tidak memiliki keterampilan dalam mengubah bahasa soal kedalam model matematika. Kesalahan ketiga, yaitu kesalahan memahami masalah yang disebabkan karena siswa tidak memahami perintah yang ada di soal dengan baik, kurang teliti dalam menuliskan informasi yang ada di soal, dan tidak terbiasa menuliskan informasi yang ada di soal pada saat menyelesaikan soal matematika. Kesalahan ketiga, yaitu kesalahan keterampilan proses yang disebabkan karena siswa kurang teliti dalam melakukan proses perhitungan dan akibat dari kesalahan dalam menetukan rumus pada tahap sebelumnya.

Kata Kunci : Kesalahan Siswa, Pemecahan Masalah Matematika, Analisis Newman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:54
Last Modified: 08 Oct 2021 06:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item View Item