Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur

Lutfiah, Nur Rahmah (2021) Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NUR RAHMAH LUTFIAH -TADRIS MATEMATIKA -1701040121.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan pendekatan pembelajaran belum berpusat pada siswa sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran matematika. Sesuai permasalahan yang ada, maka rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur?.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Hipotesis yang Peneliti ajukan adalah Ha: Ada pengaruh antara pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur. H0: Tidak ada pengaruh antara pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimental desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan Open Ended, kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis dengan nilai = 2,53 dan = 2,00 sehingga yang artinya ditolak dan Ha diterima. Kemudian analisis hasil perhitungan angket respon siswa pada kelas eksperimen setelah mengikuti pendekatan pembelajaran Open Ended memiliki persentase rata-rata jawaban sebesar 81,19% sehingga dapat disimpulkan memiliki respon yang positif.

Kata Kunci: Pendekatan Open Ended, Konvensional, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:22
Last Modified: 04 Oct 2021 08:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4809

Actions (login required)

View Item View Item