Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran Matematika di Era Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII MTs. Ma’arif 02 Kotagajah)

Andini, Rizka Tri (2021) Pembelajaran Matematika di Era Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII MTs. Ma’arif 02 Kotagajah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RIZKA TRI ANDINI -TADRIS MATEMATIKA - 1701040013.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Sejak Maret 2020 Indonesia digemparkan dengan Corona Virus.Disease 2019 (COVID-19). Setelah adanya pandemi tersebut, pembelajaran di Indonesia dilakukan secara daring (dalam jaringan). MTs. Ma’Arif 02 Kotagajah melaksanakan pembelajaran matematika secara daring dan luring. Pelaksanaan pembelajaran daring melalui media WhatsApp Group (WAG) dan video dari youtube. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran luring hanya satu kali dalam seminggu dengan tujuan siswa mengumpulkan tugas kemudian guru menjelaskan jawaban yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring perlu perhatian khusus terkait media, metode, dan cara penyampaian materi. Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran matematika di era pandemi yang dilakukan pada siswa kelas VIII di MTs Ma’Arif 02 Kotagajah.

Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, yang mengamati fenomena atau kejadian pembelajaran matematika yang diberikan pada siswa kelas VIII di MTs Ma’Arif 02 Kotagajah di era pandemi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan responden yang digunakan adalah guru dan siswa. Untuk teknik keabsahan data penelitian ini yaitu triangulasi sumber, kemudian untuk teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika pada kelas VIII di MTs. Ma’Arif 02 Kotagajah berjalan dengan baik sesuai persiapan yang dilakukan guru, namun adanya penurunan hasil belajar siswa dikarenakan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi matematika secara daring, meskipun guru sudah memberikan penjelasan jawaban secara tatap muka selama satu jam di kelas dengan mematuhi protokol kesehatan. Metode pembelajaran daring yang digunakan guru yaitu metode ceramah dan tanya jawab, sedangkan media pembelajaran daring menggunakan WAG dan video dari youtube.

Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Pandemi COVID-19, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:23
Last Modified: 04 Oct 2021 08:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4810

Actions (login required)

View Item View Item