Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Rahmawati, Dona (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi DONA RAHMAWATI - 1701040004 - TMTK.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung di SMPN 1 Kibang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap kemampuan mengerjakan soal yang berbasis masalah di SMPN 1 Kibang.

Model PBL melalui pendekatan etnomatematika merupakan model pembelajaran yang cenderung menciptakan pembelajaran yang aktif dan menggabungkan budaya dikehidupan nyata, sehingga diharapkan dapat membangun motivasi yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita. Etnomatematika yang digunakan adalah etnomatematika dilampung. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh model problem based learning (PBL) melalui pendekatan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kibang

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di SMPN 1 Kibang. Subyek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siwa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dipakai menggunakan tes (Pretest dan Postest). Teknik analisis data dilakukan dengan pengujian instrument penelitian, pengujian prasyarat analisis serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,047 < 0,05, yang artinya yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kibang atau dengan kata lain rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol.

Selain itu diperoleh nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah Sebesar 0,43 termasuk kedalam kategori sedang. Sementara untuk rata-rata N-gain Score untuk kelas kontrol adalah sebesar 0,353 termasuk dalam kategori sedang Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran PBL, Etnomatematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:21
Last Modified: 04 Oct 2021 08:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item View Item