Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo Lampung Tengah

Kurniasih, Kiki (2021) Peran Guru Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI KIKI KURNIASIH -1701010134 - PAI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Perubahan zaman telah membawa banyak pengaruh pada gaya hidup seseorang terutama dikalangan remaja, dimana remaja sangat aktif dalam dalam menggunakan teknologi di era globalisasi ini. Kehidupan remaja saat ini diperlukan perhatian khusus. Salah satu masalah yang dihadapi yaitu semakin menurunnya tata karma kehidupan social dan moral dalam kehidupan baik itu di sekolah, rumah, maupun lingkungan masyarakat. Seperti yang diketahui banyak pelanggaran norma sosial atau agama yang terjadi, seperti berkelahi, pencurian, serta perilaku negative lainnya. Pembentukan akhlak sangat diperlukan pada masa sekarang dalam usaha mencegah efek samping dari perkembangan zaman. Sehingga dari masalah-masalah yang timbul adanya upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan akhlak siswa khususnya tingkah laku, agar siswa memiliki akhlakul karimah sesuai dengan ajaran agama islam, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sekolah, keluarga maupun masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa di SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo Lampung Tengah, metode yang digunakan dalam pembentukan akhlak serta faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dihadapi oleh guru dalam pembentukan akhlak siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo. Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dianalisis, kemudian data dianalisis serta diambil kesimpulan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa dikategorikan sudah baik pelaksanaannya, kegiatan-kegiatan yang diadakan disekolah, menerapkan metode keteladanan, nasihat dan pengawasan; 2) Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa yaitu: a) memberikan bimbingan kepada siswa, b) melakukan pengawasan untuk kegiatan shalat berjamaah, c) membiasakan siswa shalat dhuha; 3) Faktor pendukung dalam kegiatan pembentukan akhlak siswa: a) fasilitas, b) Pendidik; 4) Faktor penghambat pembentukan akhlak siswa: a) peserta didik sulit dinasihati, b) kurangnya dukungan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:09
Last Modified: 02 Dec 2021 07:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4947

Actions (login required)

View Item View Item