Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Geometri Berbasis Etnomatematika ditinjau dari kemampuan berfikir kritis Peserta Didik SMP

Dewi, Kartika Sari (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Geometri Berbasis Etnomatematika ditinjau dari kemampuan berfikir kritis Peserta Didik SMP. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
KARTIKA SARI DEWI 1701040006.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD geometri berbasis etnomatematika ditinjau dari kemampuan berfikir kritis berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada materi segitiga dan segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau riset and development. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), evaluation (evaluasi). Pada tahap implementation (penerapan), hanya sampai pada uji coba terbatas karena pada saat penelitian ini dilakukan sedang dalam masa pandemi Covid-19. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli untuk aspek kevalidan, angket respon peserta didik untuk aspek kepraktisan dan soal tes berbentuk uraian sebanyak 5 soal untuk aspek keefektifan.

Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan memenuhi kriteria sangat valid. Validasi oleh ahli materi mendapat rata-rata keseluruhan yaitu 3,61 dan ahli media mendapat rata-rata keseluruhan yang didapat adalah 3,65. Aspek kepraktisan berdasarkan angket yang diberikan kepada 9 peserta didik memenuhi kriteria sangat praktis. Hal ini berdasarkan rata-rata keseluruhan yang diperoleh yaitu 3,56 dalam kategori sangat praktis. Sedangkan untuk aspek keefektifan berdasarkan hasil tes memenuhi kriteria efektif. Hal ini berdasarkan persentase ketuntasan belajar sebesar 78%. Berdasarkan hasil tersebut ketuntasan belajar mencapai kriteria baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD geometri berbasis etnomatematika yang digunakan dalam pembelajaran efektif. Untuk analisis kemampuan berfikir kritis 9 peserta didik pada tiap indikator berfikir kritis tersebar dalam dua kategori yaitu sangat baik dan baik. Indikator klarifikasi mendapat persentase 92,5% nilai ini masuk dalam kategori sangat baik, indikator assesment mendapat persentase 70,3% nilai ini masuk dalam kategori baik, indikator strategi dan taktik mendapat persentase 65,1% masuk dalam kategori baik dan indikatro inferensi mendapat persentase sebesar 63,8% niali ini masuk dalam kategori baik.

Kata kunci : Pengembangan LKPD, etnomatematika, berfikir kritis, segitiga dan segiempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Nov 2021 08:25
Last Modified: 09 Nov 2021 08:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item