Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di SD N 5 Metro Utara

Agata, Pina (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di SD N 5 Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PINA AGATA -1801010082 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Guru PAI berperan dalam meningkatkan kemampuan Al-Quran siswa, sebagai materi pokok yang harus diajarkan pada siswa muslim disekolah. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dapat diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran dikelas. Dalam pembelajaran didalam kelas, guru PAI dapat mengajarkan materi PAI terutama materi yang terkait dengan ayat-ayat Al-Quran dan membimbing membaca Al-Quran dan menghafal surat-surat pendek.

Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di SDN 5 Metro Utara? Dan Bagaimana cara guru Pendidikan Agama Islam dalam mendorong semangat untuk membaca Al-Quran di SDN 5 Metro Utara?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di SDN 5 Metro Utara, dan mengetahui cara guru Pendidikan Agama Islam dalam mendorong semangat untuk membaca Al-Quran di SDN 5 Metro Utara. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif berdasarkan teori Miles Huberman yang terdiri dari empat tahapan, pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di SDN 5 Metro Utara dilakukan dengan memberi motivasi dan bimbingan membaca Al-Quran, memberi tugas membaca Al-Quran, dan menghafal surat-surat pendek, menjelaskan keutamaan dan manfaat dalam membaca Al-Quran, memberikan pujian atau reward kepada siswa yang rajin dan pandai dalam membaca Al-Quran. Faktor yang mendorong siswa yaitu orang tua. Orang tua adalah salah satu faktor utama sebagai dorongan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran. Saran untuk siswa harus ditingkatkan secara optimal dalam membaca Al-Quran supaya lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Jul 2022 00:45
Last Modified: 27 Jul 2022 00:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5894

Actions (login required)

View Item View Item