Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Cooperatif Learning Think Pair Shere (TPS) pada Siswa Kelas VII MTs Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur

Ihsan, Nadirul (2019) Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Cooperatif Learning Think Pair Shere (TPS) pada Siswa Kelas VII MTs Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
NADIRUL IHSAN 1283991 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal Apakah penggunaan metode Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di VII MTs Riyadlatul „Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung, Salah satu penyebabnya adalah Metode yang digunakan selama ini belum optimal, sehingga peserta didik tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam menjadi rendah. Identifikasi masalah yang telah diuraikan, maka batasan masalah dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi, masih rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas VII MTs Riyadlatul Ulum. dari pengertian diatas maka penulis mengmukakan hipotesis penelitian ini adalah: “Metode Tihink Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Riyadlatul „Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020” Model Think Pair Share memberi waktu kepada peserta didik untuk berfikir secara mandiri dan merespon peserta didik lain serta berbagi dengan teman yang lain. Pelaksanaan model Think Pair Share dibagi menjadi tiga tahap yakni Thinking (Berpikir), Pairing (Berkelompok), dan Sharing (Berbagi) sehingga peserta didik dapat ikut aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain metode Tes, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Setelah dilakukan PTK menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) hasil belajar siklus I mencapai persentase ketuntasan sebesar 56,1% dan setelah dilaksanakan pembelajaran siklus II meningkat sebesar 21,1% menjadi 77,2%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas peserta didik, peningkatan ini disebabkan karena adanya upaya perbaikan dalam pencapaian target hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas VII MTs Riyadlatul Ulum.
vii

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Jan 2020 00:42
Last Modified: 09 Jan 2020 00:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item