Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Perbankan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di BPRS Metro Madani Kota Metro

Astuti, Ismi Dwi (2022) Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Perbankan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di BPRS Metro Madani Kota Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
1704100214 - Ismi Dwi Astuti - Ismi Dwi Astuti.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Fasilitas perbankan yaitu sarana prasarana yang telah disediakan oleh sebuah perusahaan yang digunakan oleh para karyawan dan nasabahnya agar terciptanya suatu kepuasan dalam kegiatannya. Kepuasan nasabah merupakan salah satu tujuan utama bagi setiap perusahaan. Dalam menjaga kepuasan nasabah, salah satu cara yang harus selalu diperhatikan adalah peningkatan kualitas yang baik dari segi fasilitas maupun pelayanan harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apak ahada pengaruh kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan nasabah di BPRS Metro Madani Kota Metro.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Objek penelitian yang digunakan dalan penelitian ini di BPRS Metro Madani Kota Metro dengan subjek penelitian nasabah produk tabungan. Penelitian ini dimulai dengan menyebarkan kuesioner kepada responden kemudian diujikan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Pengujian validitas dan reabilitas kuesioner dilakukan sebanyak 42 responden menggunakan teknik Random Sampling, uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach, dan uji asumsi menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas dan uji koefisien determinasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kelengkapan fasilitas perbankan berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah di BPRS Metro Madani Kota Metro karena memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,963 > ttabel 2,021. Dalam penelitian ini menyatakan bahwa variabel kelengkapan fasilitas perbankan memiliki pengaruh secara parsial terhadap variabel kepuasan nasabah dengan hasil analisis regresi linier sederhana memiliki nilai sebesar 0,391 yang artinya bahwa setiap perubahan pada kelengkapan fasilitas perbankan meningkat sebesar satu-satuan akan terjadi kenaikan pada tingkat kepuasan nasabah.

Kata Kunci : Fasilitas Perbankan, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:24
Last Modified: 15 Aug 2022 03:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5966

Actions (login required)

View Item View Item