Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kitab Talim Muta’alim Dalam Proses Pembelajaran Di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an 38B Banjarrejo

Aziz, Bahari (2022) Implementasi Kitab Talim Muta’alim Dalam Proses Pembelajaran Di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an 38B Banjarrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI BAHARI AZIZ -1601010100 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan akhlak dan adab di pondok pesantren merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh dewan ustadz dengan menggunakan berbagai metode untuk membentuk karakter dan tingkah laku santri yang karimah. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kitab Ta’lim Muta’alim dalam proses pembelajaran bab adab mengagungkan ilmu dan ahli ilmu, implementasi pengamalannya pada santri, dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi kitab Talim Muta’alim dalam proes pembelajaran di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an.

Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif lapangan dan sifat penelitianya yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik penjamin keabsahan data mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi kitab Ta’lim Muta’alim dalam proses pembelajaran bab adab mengagungkan ilmu dan ahli ilmu dilakukan dengan metode bandongan dan dibagi dalam bentuk pengajian umum dan pengajian khusus yang diajarkan di kegiatan madrasah diniyah pada kelas Alfiyah. Sebagian besar pengamalan kitab Ta’lim Muta’alim dalam bab mengagungkan ilmu dan ahli ilmu sudah diamalkan oleh santri. Faktor yang mendukung implementasi kitab Ta’lim Muta’alim dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an yaitu dewan ustadz yang berpengalaman, dan sarana dan prasarana yang tersedia sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu kurangnya kedisiplinan, kemandirian dan kekritisan santri dalam mengikuti pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:06
Last Modified: 16 Sep 2022 09:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6360

Actions (login required)

View Item View Item