Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru PAI Dalam Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa SD Al-Qur’an Minhajut Thullab Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur

Fathurrohman, Faris (2022) Peran Guru PAI Dalam Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa SD Al-Qur’an Minhajut Thullab Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi FarisFathurrohman_revisi 1601010122.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Guru PAI merupakan guru yang mengajar di bidang agama Islam. Dalam hal ini, Peneliti menfokuskan pada peran guru PAI terhadap kemampuan baca Al Qur‟an siswa. Dalam hal membaca Al-Qur‟an sangatlah dibutuhkan sosok seorang guru sebagai sosok yang mampu memberikan contoh, mengajar, dan membimbing siswanya sehingga siswa mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Di dalam lembaga sekolah, guru PAI merupakan guru yang tepat sebagai pengajar Al-Qur‟an, karena sebagai guru PAI sudah seyogyanya memiliki kemampuan baca Al-Qur‟an yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam pembinaan kemampuan baca Al-Qur‟an siswa dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru terhadap kemampuan baca Al Qur‟an di SD Al-Qur‟an Minhajut Thullab Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap guru PAI SD Al-Qur‟an Minhajut Thullab, dan wawancara serta observasi dilakukan terhadap sebagian siswa V SD Al-Qur‟an Minhajut Thullab. Berdasarkan deskripsi data hasil penelitian, bahwa peran guru PAI terhadap kemampuan baca Al-Qur‟an siswa SD Al-Qur‟an Minhajut Thullab sudah cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil observasi yang didapatkan Peneliti pada saat melakukan observasi di lapangan. Meski memang masih ada beberapa hal yang masih kurang dalam siswa membaca Al-Qur‟an dengan baik, namun secara keseluruhan sudah bisa dikatakan cukup baik, mengingat banyak siswa yang sudah mencapai kategori cukup baik pada beberapa aspek penilaian membaca Al-Qur‟an. Adapun faktor pendukungnya yaitu program sekolah yang memang memprioritaskan bacaan Al-Qur‟an yang baik dan benar dengan diwujudkannya metode BIT-TUQO yang menjadi metode andalan di sekolah tersebut. Adapun faktor penghambatnya adalah kemampuan dari masing-masing siswa, waktu yang kurang efektif, dan kurangnya bimbingan oleh orang tua di rumah.

Kata Kunci: Peran, Guru PAI, Baca Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:01
Last Modified: 04 Oct 2022 04:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6587

Actions (login required)

View Item View Item