Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa SMPN 4 Metro tp. 2018/2019

Kismawan, Ardi (2019) Pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa SMPN 4 Metro tp. 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 058.FTIK.2019.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang baik ialah yang dilihat dari berbagai aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, maupun aspek psikomotorik. Hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor intern maupun faktor ekstern. Salah satu faktor intern yaitu aktivitas belajar. Para siswa SMPN 4 Metro telah memiliki hasil belajar yang baik, dan SMPN 4 Metro dikenal dengan sekolah yang memiliki peringkat baik. Namun, ditemukan beberapa siswa yang masih mendapatkan hasil belajar rendah ketika dilakukan survei.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas VIII SMPN 4 Metro tahun pelajran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data kuesioner (angket), dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang Aktivitas belajar. Dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, sejarah berdirinya SMPN 4 Metro, lokasi SMPN 4 Metro, visi misi SMPN 4 Metro, struktur organisasi SMPN 4 Metro, keadaan guru dan pegawai SMPN 4 Metro, keadaan peserta didik SMPN 4 Metro, keadaan sarana dan prasarana SMPN 4 Metro.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas VIII SMPN 4 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga x2 26.0614 lebih besar dari xtabel signifikan 5% dengan harga 21.026, yakni 26.0614 > 21.026. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan tingkat pengaruh sedang.

Selanjutnya, dari hasil perhitungan koefesien determinasi, Aktivitas Belajar mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 35% dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas VIII SMPN 4 Metro. Kemudian, 65% dipengeruhi oleh faktor lain seperti faktor dalam diri maupun luar diri yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:19
Last Modified: 24 Sep 2019 08:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item