Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kebutuhan Pembelajaran Kewirausahaan Pada Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro

Apriansyah, Lutfi (2022) Analisis Kebutuhan Pembelajaran Kewirausahaan Pada Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
FULL_SKRIPSI_LUTFI_APRIANSYAH - Lutfi Apriansyah.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan kewirausahaan merupakan modal awal untuk menciptakan minat berwirausaha untuk generasi muda, bukan hanya memberikan landasan teoritis, melainkan dapat menumbuhkan motivasi, sikap, dan pola pikir seseorang untuk berwirausaha, sehingga mendapatkan integrasi ketreampilan. Berdasarakan Prasurve di Progam Studi Tadris IPS IAIN Metro yang pada hakikatnya menciptakan lulusan sebagai tenaga pendidik IPS di jenjang SMP/Mts tetapi seluruh Mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti Pembelajaran kewirausahaan sebagai bekal sehingga ketika lulus memiliki mandiri untuk berwirausaha guna mengurangi angka penganguran terdidik di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunya.

Jenis penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif yang bersumber dari Ketua Jurusan Tadris IPS IAIN Metro, dosen pengampu matakuliah kewirausahaan, dan beberapa mahaisiswa Prodi Tadris IPS IAIN Metro. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara dan pengumpulan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek menggunakan tringulasi teknik dan tringulasi sumber.

Melihat pembelajaran kewirausahan di progam studi tadris IPS IAIN Metro terdapat kebutuhan pembelajran yang harus terpenuhi dalam matakuliah kewirausahaan seperti yang dianalisis oleh peneliti yaitu : a) masih minimnya jumlah SKS yaitu hanya 2 SKS sehingga dalam pembelajran masih kurang maksimal dan tidak adanya praktek langsung. b) tidak adanya kunjungan ketempat bisnis supaya mahasiswa dapat memberikan pengalaman langsung dalam berwirausaha. c)kurangnya saran prasana sebagai penunjang pembelajaran seperti laboratorium kewirausahaan. d) belum dapat menghadirkan dosen tamu dalam pembelajran kewirausahaan agar dapat mengmbangkan pembelajran kewirausahaan agar lebih efektif. e) belum terlaksananya kurikulum yang terintegrasi kepada mahsiswa angakatan 2017 sampai dengan 2020 Sehingga pembelajaran kewirasuahaan hanya didalam kelas dengan penyampaian materi dan pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 08 Nov 2022 01:44
Last Modified: 08 Nov 2022 01:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item View Item