Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII MTSN 2 Lampung Timur

Chantika, Dewi (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII MTSN 2 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Bagi SKRIPSI DEWI CHANTIKA Fix(1) - Dewi Chantika.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran wajib di MTs N 2 Lampung Timur khususnya Kelas VII dengan harapan dapat menumbuhkan kepekaan peserta didik terhadap lingkungan sosial disekitarnya sehingga ilmu pengetahuan yang diperolehnya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu tema ajar yang perlu mendapat perhatian khusus adalah materi interaksi sosial, dimana di dalam materi interaksi sosial sangat bermanfaat bagi peserta didik karena hal itu akan menjadi model dalam pergaulan sehari-hari peserta didik dengan teman-temannya dan lingkungannya. Pembelajaran IPS yang awalnya dilakukan menggunakan metode ceramah dan penugasan nyatanya justru dapat menimbulkan kejenuhan dan menurunkan aktivitas belajar. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs N 2 Lampung Timur? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di Kelas VII MTs N 2 Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas VII MTs N 2 Lampung Timur. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VII MTs N 2 Lampung Timur berjumlah 79 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII MTs N 2 Lampung Timur. Aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPS saat diterapkan strategi pembelajaran kontekstual diantaranya terdapat 36 peserta didik (46%) menunjukkan visual activities, terdapat 9 peserta didik (11%) menunjukkan Oral activities, terdapat 17 peserta didik (22%) menunjukkan Listening activities, terdapat 12 peserta didik (15%) menunjukkan Writing activities, dan terdapat 5 peserta didik (6%) menunjukkan Mental activities. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,626 atau sama dengan 62,6%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel strategi pembelajaran kontekstual (X) berpengaruh terhadap variabel Aktivitas Belajar (Y) sebesar 62,6%. Sedangkan sisanya (100% - 62,6% = 37,4%) dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 18 Nov 2022 00:56
Last Modified: 18 Nov 2022 00:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6924

Actions (login required)

View Item View Item