Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Literasi Agama Islam Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tumijajar

Prastiyo, Sandi (2024) Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Literasi Agama Islam Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tumijajar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Sandi Prastiyo - 1901010065 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran dikelas tidak terlepas dari banyaknya masalah yang muncul, salah satu masalah yang muncul adalah rendahnya literasi agama Islam. Guru perlu memperhatikan keadaan siswa sebelum menentukan metode yang akan digunakan agar tujuan pembelajaran dicapai secara optimal. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangatlah penting, jika siswa aktif maka proses tersebut pembelajaran tidak monoton karena proses belajar mengajar tidak berjalan satu arah. Salah salah satu kelemahan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah kurangnya pemahaman materi oleh siswa sehingga mereka tidak paham apa yang dijelaskan oleh guru. Masalah tersebut bisa diatasi dengan menerapkan metode yang memungkinkan siswa bisa memahami materi dengan baik, salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah berapa tingkat persentase penggunaan metode Talking Stick untuk meningkatkan literasi agama Islam siswa kelas V SD Negeri 1 Tumijajar?

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi agama Islam siswa dengan menggunakan metode Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tumijajar, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar sebesar 28% selama dua siklus. Selanjutnya, tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 25%. Dengan demikian terdapat lebih dari 85% siswa yang telah mencapai KKM 65 pada pelajaran diakhir siklus, maka target yang diinginkan telah tercapai. Berdasarkan pembahasan dan analisis data yang diperoleh selama dua siklus, terjadi peningkatan pada aktivitas beajar siswa dan hasil belajar literasi agama Islam dengan materi “Aku Anak Soleh”. Jadi, penggunaan metode Talking Stick dapat meningkatkan literasi agama Islam siswa di SD Negeri 1 Tumijajar.

Kata Kunci : Literasi Agama Islam, Metode Talking Stick, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:19
Last Modified: 25 Mar 2024 02:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9416

Actions (login required)

View Item View Item