Azizah, Wahidatun (2025) Pengaruh Penggunaan Media Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
WAHIDATUN AZIZAH.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kegiatanpembelajaran yang diterapkan masih bersifat monoton atau belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Selain itu suasana pembelajaran kurang menyenangkan membuat siswa kurang berpartisipasi aktif dalam belajar. Terlihat beberapa siswa kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan karenamengobrol dengan teman sebangku, sehingga diperlukan media yang dapat membantu siswa memahami materi dan bersemangat untuk belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media card sort terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MI NU Metro dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan media card sort.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment yang menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI NU Metro. Sampel penelitian ini berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametrik independent sample t-test dan sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media card sort pada pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MI NU Metro. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test diketahui bahwa nilai nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,009 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak yaitu terdapat perbedaan rata-rata pemahaman siswa menggunakan media card sort. Hasil perhitungan uji independent sample t-test diketahui nilai thitung 2,765 > nilai ttabel2,032 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Media Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV MI NU Metro.
Kata Kunci: Media Card Sort, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ita Noviatiningsih . |
Date Deposited: | 06 May 2025 01:56 |
Last Modified: | 06 May 2025 01:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |