Mirayanti, Yulia (2025) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas V UPTD SDN 1 Mekarmulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
YULIA MIRAYANTI_2101010084-PAI_2025.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Metode demonstrasi adalah metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada siswa mengenai suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik yang sebenarnya ataupun tiruan. Sebagai metode penyajian, demonstrasi tidak lepas dari penjelasan secara lisan oleh guru. Walaupun dalam proses demonstrasi para siswa hanya sekedar memperhatikan, akan tetapi demonstrasi dapat menyajikan pelajaran lebih konkret. Dalam pembelajaran PAI metode demonstrasi ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitin ini adalah Adakah Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar.
PAI Siswa Di UPTD SDN 1 Mekarmulyo? Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V UPTD SDN 1 Mekarmulyo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis pendekatan kuantitatif ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SDN 1 Mekarmulyo yang berjumlah 34 siswa dan sampel yang digunakan adalah purposive sampling atau sampling bertujuan. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas V, karena memiliki tingkat pemahaman yang lebih baik dibandingkan dengan kelas di bawahnya. Metode yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama dan demonstrasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian dengan melakukan analisis data maka diperoleh nilai rxy yaitu 0,647. Setelah itu, untuk mengetahui besarnya koefisien korelasi menggunakan rumus uji t. Diperoleh harga ttabel pada taraf signifkan 5% dengan df = n– 2 = 34 – 2 = 32 adalah 2.037. Sementara itu, harga thitung sebesar 4.795, ternyata thitung (4.795) > ttabel (2.037) sehingga dapat diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha ) diterima dalam penelitian ini. Selanjutnya hasil perhitungan koefisien determinasi, variasi mengajar guru berkontribusi atau berpengaruh sebesar 41,81% dalam mempengaruhi hasil belajar PAI siswa kelas V khususnya pada pelaksanaan praktik sholat dhuha. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal maupun eksternal dari diri pribadi siswa.
Kata kunci: Metode, demonstrasi, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:01 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |