Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SD Abadi Perkasa Tulang Bawang

Ramadhan, Fajar Kurnia (2025) Hubungan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SD Abadi Perkasa Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of FAJAR KURNIA RAMADHAN_2001011037_PAI_2025.pdf] PDF
FAJAR KURNIA RAMADHAN_2001011037_PAI_2025.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kedisiplinan adalah tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Kedisiplinan diperlukan peserta didik sebagai salah satu cara untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Terlihat bahwasannya masih ada siswa yang mengumpulkan PR tidak tepat waktu, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan, tidak berangkat sekolah dengan izin acara keluarga. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Hubungan kedisiplinan Belajar Dengan Hasil Belajar PAI Siswa SD Abadi Perkasa Tulang Bawang? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar PAI siswa SD Abadi Perkasa Tulang Bawang.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Abadi Perkasa Tulang Bawang yang berjumlah 72 siswa dan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Teknik pengambilan sampelnya adalah membuat 3 buah gulungan dari kertas yang nantinya akan dijadikan sampel, dan akhirnya menggunakan sampel seluruh siswa kelas V C SD Abadi Perkasa yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan Pearson Product Moment.

Berdasarkan hasil penelitian dengan melakukan analisis data maka diperoleh nilai rxy yaitu 0,712. Kemudian untuk mengetahui besarnya koefisien korelasi menggunakan rumus uji t, diperoleh harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,048 dan harga thitung sebesar 7,487. Ternyata 7,487 > 2,048 (thitung>ttabel) yang artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima (Ha) atau terdapat hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar peserta didik secara positif signifikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SD Abadi Perkasa Tulang Bawang.

Kata Kunci : Kedisiplinan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 18 Jun 2025 06:20
Last Modified: 18 Jun 2025 06:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11157

Actions (login required)

View Item View Item