Alghofari, Wildan and Ikashaum, Fertilia and Aminah, Roisatul (2025) Development of Pisa Model Math Problems Using The Context of Lamban Dalom Traditional House. Jurnal Math Educator Nusantara, 10 (1). pp. 81-97. ISSN 2459-9735
![]() |
PDF
WILDAN ALGHOFARI_2101060015_TMTK_2025.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Hasil PISA 2022 menunjukkan bahwa skor literasi matematika siswa Indonesia kembali mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang berlatih mengerjakan soal model PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika model PISA menggunakan konteks rumah adat Lamban Dalom yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Penelitian ini menggunakan metode Design Research tipe development study . Tahapan penelitian meliputi tahap Preliminary dan Formatif Evaluation ( expert review , one -to - one , small group , field test). Hasil penelitian berupa seperangkat soal matematika model PISA konten space and shape menggunakan konteks rumah adat Lampung Lamban Dalom yang valid dari segi konten, konstruk, dan bahasa ; praktis ; dan memiliki efek potensial sebanyak 5 butir soal. Praktis berdasarkan uji coba small group dan memiliki efek potensial yaitu siswa menjadi tertarik, termotivasi, dan tertantang dalam mengerjakan soal pada tahap field test walaupun skor yang didapatkan masih belum memenuhi kriteria ketuntasan. Peneliti selanjut nya disarankan untuk melakukan pengembangan lebih lanjut soal matematika model PISA dengan konten dan konteks yang berbeda dengan melibatkan lebih banyak pengguna potensial dan melakukan uji coba dengan jumlah siswa yang lebih besar.
Kata Kunci : Research and Development; Development Study; PISA; Konteks Lampung
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:05 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |