Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Inayatul Fuqoha Lampung Timur

Ayuni, Zulfi (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Inayatul Fuqoha Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Zulfi Ayuni_2101010086_PAI_2025.pdf] PDF
Zulfi Ayuni_2101010086_PAI_2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Metode An-Nahdliyah adalah salah satu metode membaca Al-Qur’an yang lebih menekankan pada kesesuaian dan keteraturan bacaan menggunakan ketukan. Ketukan disini merupakan jarak pelafalan satu huruf dengan huruf lainnya. Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah keterampilan melafadzkan setiap huruf dengan memberikan hak huruf (sifat-sifat yang menyertainya seperti qalqalah dan lain-lain) dan mustahaknya (perubahan bunyi-bunyi huruf ketika bersambung dengan huruf lain seperti ghunnah, idgham dan lain-lain).

Identifikasi masalah pada penelitian ini yaitu Pembelajaran membaca Al-Qur’an sudah berjalan namun belum mencapai hasil yang maksimal. Masih ada santri yang kurang menguasai dalam ilmu tajwid dan makhrijul huruf pada saat membaca Al-Qur’an,Masih terdapat santri yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata atau masih kurang lancar. Batasan masalah pada penelitian ini adalah mengenai Pengaruh metode Pembelajaran An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Inayatul Fuqoha Lampung Timur. Rumusan masalah pada penelitian adalah “Apakah ada Pengaruh metode Pembelajaran An-Nahdliyah Dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Inayatul Fuqoha Lampung Timur?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran An-Nahdliyah Dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Inayatul Fuqoha Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket, tes, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, selanjutnya yang peneliti lakukan adalah menginterpetasikan dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian diperoleh nilai rxy adalah 0.986 lebih besar dari nilai rtabel yaitu 0,361 atau 0,986>0,361. Sehingga dapat diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat dilihat juga dari table interpretasi koefisien korelasi bahwa nilai rxy 0,986 terletak diantara 0,80-1,000 yang artinya variabel x (metode pembelajaran an-nahdliyah) terhadap variabel y (meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri) memiliki pengaruh yang kuat.

Kata Kunci: Metode An-Nahdliyah, Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:18
Last Modified: 07 Jul 2025 01:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11275

Actions (login required)

View Item View Item