Triyono, Anton (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD N 2 Kibang Kecamatan Metro Kibang Kabupataen Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
ANTON TRIYONO_0951485_PGMI_2013.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
![]() |
PDF
ANTON TRIYONO_0951485_PGMI_2013 (1).pdf - Other Download (599kB) |
Abstract
Proses belajar mengajar disekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Proses pembelajaran melibatkan dua faktor utama yang saling berinteraksi yaitu guru dan siswa. Dalam pembelajaran di sekolah banyak model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar guna tercapainya hasil yang baik. Berdasarkan prasurvey di SD N 2 Kibang Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur pada pelajaran IPA diperoleh data yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. Berdasarkan masalah tersebut maka solusinya adalah penulis mengajukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan model cooperative learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Kibang Kecamatan Metro Kibang tahun pelajaran 2012/2013? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N 2 Kibang pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui soal tes hasil belajar siswa lembar dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus N-Gain.
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa dengan penerapan model cooperative learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 45% pada siklus II mencapai 85%. Dan dilihat dari skor N-Gain pada siklus I sebesar 0,37% dan siklus II 0,67%, hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 0,30% dengan kategori gain score sedang Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe Sudent Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan disarankan untuk sekolah agar memberikan pengertian dan motivasi kepada guru-guru untuk dapat menerapkan model cooperative learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) khususnya pada guru mata pelajaran IPA Kelas V SD N 2 Kibang Kecamatan Metro Kibang Lampung Timur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:02 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |