Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran IPA SD N 1 Tanjung Tirto Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012

Astuti, Beti Andri (2012) Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran IPA SD N 1 Tanjung Tirto Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of BETI ANDRI ASTUTI_0843595_PGMI_2012.pdf] PDF
BETI ANDRI ASTUTI_0843595_PGMI_2012.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of BETI ANDRI ASTUTI_0843595_PGMI_2012 (1).pdf] PDF
BETI ANDRI ASTUTI_0843595_PGMI_2012 (1).pdf - Other

Download (518kB)

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan peserta didik yang saling bertukar informasi. Tujuan pembelajaran adalah perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tertentu. Namun pada kenyataannya hal tersebut belum sepenuhnya terwujud karena pada kenyataannya aktivitas dan hasil belajar yang dicapai peserta didik masih belum maksimal dan belum seperti yang diharapkan khususnya pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Tanjung Tirto. Belum maksimalnya aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik dikarenakan beberapa masalah yang terjadi saat pembelajaran terutama yang berhubungan dengan penggunaan metode dalam pembelajaran dimana penggunaan metode ceramah masih mendominasi dalam proses pembelajaran dan belum di terapkan metode-metode lain.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode Diskusi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya dalam memahami materi Sifat-Sifat Cahaya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Tanjung Tirto Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur Tahurt Pelajaran 2011/2012?. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode Diskusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Tanjung Tirto Kecamatan Way Bungur.

Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Suharsismi Arikunto. Adapun Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data dengan menggunakan analisis kwalitatif dan analisis kwantitatif.

Berdasarkan nasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwasanya aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat melalui penggunaan metode Diskusi. Untuk hasil belajar dapat dilihat dari skor rata-rata sebesar 65% pada siklus 1, menjadi 73% pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 8%. Selanjutnya aktivitas peserta didik secara keseluruhan meningkat dari 75% menjadi 85% dan mengalami peningkatan 10%. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA SDN 1 Tanjung Tirto Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012 dan tetap dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Tanjung Tirto.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:03
Last Modified: 10 Jul 2025 03:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11307

Actions (login required)

View Item View Item