Karnila, Karnila (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas VI MI Alkhairiyah Suak Sidomulyo Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
KARNILA_0956885_PGMI_2013.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
![]() |
PDF
KARNILA_0956885_PGMI_2013 (1).pdf - Other Download (544kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran IPS selama ini, dunia nyata hanya dijadikan tempat mengaplikasikan konsep. Siswa mengalami kesulitan belajar IPS di kelas. Akibatnya, siswa kurang menghayati atau memahami konsep-konsep IPS, dan siswa mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan IPS dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPS di kelas ditekankan pada keterkaitan antara konsep-konsep IPS dengan pengalaman anak sehari-hari Selain itu, perlu menerapkan kembali konsep IPS yang telah dimiliki anak pada kehidupan sehari-hari atau pada bidang lain sangat penting dilakukan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini "Apakah Pembelajaran Model Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Kelas VI MI Alkhairiyah Suak Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penulis melakukan upaya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VI MI Al Khoiriyah Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 29 siswa pada materi globalisasi dengan menerapkan model pembelajaran menggunakan model pembelajaran Koperatif tipe STAD Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan metode dokumentasi
Hasil penelitian dengan penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Koperatif tipe STAD adalah rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus pertama yaitu 74,57 setelah diadakan refleksi pada siklus I maka rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus ke dua menjadi 85,58 dan mengalami peningkatan. Sedangkan terhadap hasil belajar siswa pada siklus pertama didapati nilai rata-rata siswa, yaitu 63,55 dengan rincian 19 siswa tuntas dan 10 siswa belum tuntas, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa rat-rata mendapatkan nilai 72,53 dengan rincian sebanyak 23 siswa tuntas belajar dan 6 siswa tidak tuntas
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan penggunaan model pembelajaran Koperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VI MI Al Khoiriyah Tahun Pelajaran 2012/2013,
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 01:49 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 01:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11309 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |