Riduwan, Riduwan (2012) Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Khoiriyah Metro Pusat Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
RIDUWAN_0957405_PGMI_2012.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
PDF
RIDUWAN_0957405_PGMI_2012 (1).pdf - Other Download (628kB) |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan pembelajaran tidak dapat terpisahkan dengan metode yang digunakan sehingga guru dituntut untuk lebih profesional, inovatif, perspektif, dan proaktif dalam melakukan tugas pembelajaran. pembelajaran dengan pendekatan metode Inkuiri nampaknya cocok digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran. Sebagai salah satu usaha untuk mengatasi permasalahan tentang suasana kelas yang perlu dikembangkan kerjasama antar siswa, membantu siswa memperoleh pengetahuan, dan sikap secara aktif dengan metode Inquiri.
Berdasarkan pra survey mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Khoiriyah Metro Sebagai salah satu usaha untuk mengatasi permasalahan tentang suasana kelas yang perlu dikembangkan kerjasama antar siswa, membantu siswa memperoleh pengetahuan, dan sikap secara aktif dengan pendekatan metode Inkuiri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Khoiriyah Metro Tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan, untuk mengidentifikasi masaiah dan merencanakan kegiatan pembelajaran serta menyusun instrumen penelitian; (2) Pelaksanaan, yaitu melaksanakan pembelajaran membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia; (3) Pengamatan, yaitu pengambilan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar; (4) Refleksi, yaitu menganalisis hasil pengamatan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah pendekatan metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa dengan menggunakan tes, dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan belajar siswa, serta dokumentasi. Metode analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Dilihat dari rata-rata hasil belajar terjadi peningkatan yang ditunjukkan dari rata-rata nilai pada siklus I adalah 53,16 menjadi 62,5 pada siklus II. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 9,34.
Dari hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 56,6%. dan siklus II adalah 62,2% Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 5,83% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Inkuiri dalam mata pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:58 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |