Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Strategi Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MI AL-Qur’an Trimurjo Lampung Tengah

Sari, Intan Permata Nirmala (2025) Pengaruh Strategi Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MI AL-Qur’an Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of INTAN PERMATA NIRMALA SARI 2101012021_2025_PAI.pdf] PDF
INTAN PERMATA NIRMALA SARI 2101012021_2025_PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran strategi guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan bermakna, khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk mampu merancang dan menerapkan strategi yang sesuai agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Kualitas proses pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh materi yang disampaikan, tetapi juga bagaimana strategi tersebut mampu mendorong partisipasi aktif siswa, membangun pemahaman konseptual, serta menanamkan nilai-nilai budaya Islam secara kontekstual.

Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III,IV,V,VI yang mempelajari mata pelajaran SKI dengan jumlah siswa sebanyak 170 siswa di MI Al-Qur’an Trimurjo Lampung Tengah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment.

Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa data strategi guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran SKI di MI Al-Qur’an Trimurjo Lampung Tengah. Dengan dibuktikan dari hasil analisis penelitian yang memperoleh nilai nilai Sig (2-tailed) 0,000 <0,05 maka terdapat hubungan antara variabel x dan y, maka hasil tersebut menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya strategi guru sangat berpengaruh terhadap kualitas proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran SKI di MI Al-Qur’an Trimurjo Lampung Tengah, dengan tingkat korelasi 0,997. Tingkat korelasi variabel x terhadap y dalam penelitian ini adalah kuat dengan tingkat hubungan 99,40%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin baik strategi yang digunakan maka semakin bagus kualitas pembelajaran yang di dapatkan oleh peserta didik.

Kata Kunci:Kualitas Pembelajaran, Strategi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 22 Aug 2025 12:10
Last Modified: 22 Aug 2025 12:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11373

Actions (login required)

View Item View Item