Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII di MTs Muhammadiyah Metro Tahun Pelajaran 2024/2025

Zahara, Julita (2025) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII di MTs Muhammadiyah Metro Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Julita Zahara_1801023003_PBA_2025.pdf] PDF
Julita Zahara_1801023003_PBA_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Bahasa Arab adalah salah satu Bahasa dari sekian banyak Bahasa di dunia sebagai Bahasa Al-Qur’an dan Hadits yang menjadi sumber hukum Islam sehingga tanpa memahaminya kita akan sulit untuk faham isi dari Al-Qur’an dan Hadits. Oleh karena itu, Bahasa Arab menjadi mata Pelajaran wajib di sekolah yang berlembaga Pendidikan Islam. Mulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah sampai Perguruan Tinggi Islam. Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana peserta didik tidak dapat belajar dengan baik yang disebabkan karena adanya suatu gangguan yang dapat menghambat proses belajar peserta didik.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor kesulitan belajar Bahasa Arab yang terjadi pada siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Metro.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa factor yang menyebabkan siswa kelas VII mengalami kesulitan belajar Bahasa Arab adalah: a) kurangnya durasi belajar, b) kurangnya kemampuan menulis huruf arab serta bunyi huruf hijaiyah, c) kurangnya dalam membedakan kosa kata, d) kesulitan membaca teks Bahasa Arab, e) kesulitan menyimak Bahasa Arab, f) kurangnya minat siswa dalam belajar Bahasa Arab, g) kesulitan dalam menyambung dan membentuk huruf Arab. Adapun solusi yang peneliti berikan adalah menambah jam belajar dan menciptakan lingkungan berbahasa Arab agar dapat meningkatkan kemampuan siswa. Penggunaan media digital serta pelatihan guru memperkuat metode pembelajaran yang menarik. Pendekatan bertahap dalam muhadatsah, membaca, dan kosa kata disertai motivasi guru membuat siswa lebih semangat belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:03
Last Modified: 29 Jul 2025 08:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11493

Actions (login required)

View Item View Item