Adila, Niken Ayu (2025) Efektifitas Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs Muhammadiyah Margototo Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Niken Ayu Adila_1801020011_PBA_2025.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Media merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi, rangsangan kegiatan belajar dan hasil belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap peserta didik. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyamapaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat peserta didik, media pembelajaran juga dapat membantu peserta didik meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi.Terlebih lagi penggunaan multimedia merupakan media yang menggabungkan audio, visual, gerak, animasi, warna secara bersamaan sehingga mampu menarik perhatian peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab melalui penggunaan multimedia. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII Di MTS Muhammadiiyah Margototo. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Di MTS Muhammadiiyah Margototo yang berjumlah orang peserta didik. Penelitian ini dianalisa secara kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai metode penunjang dalam penelitian. Metode wawancara digunakan penulis untuk memberikan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia dan dokumentasi yang digunakan untuk melengkapi data-data guna menunjang dari data yang diperoleh.
Berdasarkan hasil penelitian penggunaan multimedia ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab yaitu : Pada hasil belajar peserta didik yang tuntas mengalami peningkatan selama pembelajaran menggunakan multimedia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VIII di MTS Muhammadiiyah Margototo. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi para pendidik dan calon pendidik untuk meningkatkan keterampilan dalam mempergunakan media khususnya multimedia dalam meningkatkan hasil belajar sehingga tercipta kualitas pembelajaran yang ideal yang berstandar baik.
Kata Kunci : Efektifitas, Multimedia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:19 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |