Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Riyadlatul Ulum Tahun Ajaran 2024/2025

Sapitri, Sefti (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Riyadlatul Ulum Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of SEFTI SAPITRI_2101020013_PBA_2025.pdf] PDF
SEFTI SAPITRI_2101020013_PBA_2025.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab siswa di MTs Riyadlatul Ulum. Oleh sebab itu peneliti menerapkan metode bernyanyi terhadap penguasaan mufrodat bahasa arab kelas VII MTs Riyadlatul Ulum, karena di madrasah tersebut belum ada yang menerapkan metode pembelajaran ini. Berdasarkan permasalahan ini, Maka peneliti tertarik untuk membantu meningkatkan penguasaan mufrodat siswa dengan menggunakan metode bernyanyi, dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap penguasaan mufrodat siswa kelas VII di MTs Riyadlatul Ulum.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif quasi eksperiment model one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Riyadlatul ‘Ulum dan sampel yang peneliti ambil sebanyak 25 siswa, sampel penelitian hanya mengggunakan satu kelas yaitu kelas eksperimen VII A. Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes (preetest dan posttest), observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas dan uji paired sample t test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal penguasaan mufrodat siswa MTs Riyadlatul Ulum masih rendah dengan diperoleh hasil rata-rata 62,80, setelah diberi perlakukan dengan menggunakan metode bernyanyi diperoleh hasil rata-rata 72,80. Dari hasil uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi pretest adalah 0,122 dan nilai posttest 0,236, sehingga lebih besar dari 0,05. Dan hasil dari uji paired sample t test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000, < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bernyanyi efektif dalam meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas VII A MTs Riyadlatul ‘Ulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:58
Last Modified: 11 Aug 2025 07:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11588

Actions (login required)

View Item View Item