Hazrah, Anisa Amalia (2025) Analisis Kesulitan Belajar Hiwar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
ANISA AMALIA HAZRAH_2101021002_PBA_2025.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran hiwar bahasa Arab di Smp TMI Raudlatul Quran masih banyak yang mengalami kesulitan belajar hiwar. Kesulitan belajar hiwar bahasa Arab yaitu merujuk pada sebuah tantangan yang dihadapi siswa saat memahami dan mempraktikan secara langsung percakapan bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar hiwar yang dialami siswa dan merumuskan solusi yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menjadi tiga kategori yaitu Reduksi data, Penyajian data, Kesimpulan dan verifikasi .
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa siswa mengalami berbagai kesulitan yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi keterbatasan penguasaan kosakata, rendahnya rasa percaya diri, dan kurangnya motivasi belajar. Sementara itu, faktor eksternal berkaitan dengan metode pengajaran yang monoton dan padatnya aktivitas di pondok pesantren yang mengganggu fokus belajar siswa. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan metode pembelajaran interaktif, latihan kosakata bertahap, dan pemanfaatan media digital agar keterampilan berbicara siswa berkembang optimal.
Kata Kunci: Bahasa Arab, Hiwar, Kesulitan Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:56 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |